Saturday, April 27, 2013

Bumi kita rumah kita

Begitu banyak diantara kita yang peduli dengan Bahan Bakar alternative dan juga kebersihan, dimana makin hari kedua hal ini makin jauh dari kenyataan. Kota makin kotor akibat sampah, bahan bakar fosil makin langka dan mahal, sedangkan kedua hal ini berhubungan secara langsung, sampah dibakar akan menjadikan energi , begitu melimpahnya sampah , baik sampah rumah tangga maupun sampah pertanian/ perkebunan yg kalau didiamkan jelas akan merusak lingkungan dan juga menghasilkan gas methane yang merusak atmosphere kita.

Banyak orang bependapat jika dibiarkan hal ini akan memicu banyak bencana yang akan mengancam kesehatan dan bisa jadi menjadi salah satu penyebab global warming. Adakah teknologi yang dapat mengatasi hal ini?

Demi menjawab pertanyaan ini Belanda telah melakukan inisiasi dengan mengaplikasikan teknologi bernama torefaksi. Torefaksi ini sebenernya sudah ada ketika masa perang dunia kedua dimana pada saat itu dibutuhkan energy dalam jumlah yang begitu besar. Torefaksi sendiri menghasilkan bio-coal, sebuah energi alternative pengganti batu bara. Bio coal telah banyak dipakai di beberapa perusahaan yang membutuhkan konsumsi energy besar.  Proses ini  merupakan suatu proses pembakaran tanpa adanya udara (vakum) pada suhu 200 – 300 C. Proses ini mengubah sampah menjadi bahan bakar. Dengan torefaksi sampah yang awalnya tidak berguna akan bisa diolah menjadi energy terbarukan.

Hosting Murah

Our Friends